5 Ide Bisnis Bagi Pelajar yang Menguntungkan untuk Saat Ini

Anekajasaku.com, Ide Bisnis Bagi Pelajar yang Menguntungkan – Saat ini, bisnis tidak hanya dijalankan oleh orang dewasa saja. Namun juga banyak pelajar yang mencoba peruntungan dengan berbagai usaha demi meningkatkan pemasukan. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha menguntungkan yang bisa dicoba oleh pelajar untuk menambah pendapatan.

Selain belajar dan mengejar ilmu pengetahuan, pelajar juga bisa mencari aktivitas sampingan yang positif, seperti menjalankan bisnis, asalkan tidak mengganggu waktu belajar. Bisnis yang dijalankan oleh pelajar, selain bisa menambah pemasukan, juga bisa membantu mengasah kemampuan berwirausaha.

Ide Bisnis Bagi Pelajar

Ide bisnis bagi pelajar tidak seharusnya memerlukan modal besar. Ada banyak bisnis modal kecil yang cocok untuk pelajar. Berikut ini adalah beberapa contoh ide bisnis bagi pelajar yang menguntungkan:

Menjual Pulsa dan Paket Data

Cobalah menjual pulsa elektrik dengan modal deposit sekitar 300 ribu rupiah. Hampir semua orang saat ini memiliki smartphone, sehingga permintaan pulsa dan paket data sangat tinggi. Meski keuntungan dari bisnis ini tidak terlalu besar, jika kamu memiliki banyak pelanggan setia. Dan keuntungan yang didapatkan akan cukup lumayan.

Menjual Hijab

Bisnis ini sangat cocok untuk pelajar, karena jaringan pertemanan di sekolah cukup luas. Mulai dari teman sekelas, satu sekolah, guru, staf sekolah, hingga penjual di kantin.

Kamu bisa mencoba menjual hijab, karena mayoritas penduduk Indonesia adalah wanita muslim. Kebutuhan akan hijab selalu meningkat, karena setiap orang yang menggunakannya pasti memiliki lebih dari satu hijab dengan berbagai warna, model, dan jenis kain.

Menjual Aksesoris

Sifat wanita yang gemar berdandan dan merias diri menjadikan peluang bisnis ini tidak pernah habis. Selain itu, barang yang diperlukan untuk bisnis ini mudah didapatkan dan modal yang dikeluarkan tergolong murah. Seperti bisnis jualan hijab, jaringan pertemanan di sekolah sangat luas, sehingga target pasar yang bisa kamu bidik sangat banyak.

Baca Juga :   Sewa Mobil untuk Kebutuhan Bisnis: Kenali Manfaatnya

Menjual Kue atau Jajanan

Bisnis kuliner selalu memiliki peluang yang besar. Kamu bisa menjual kue atau jajanan di kantin sekolah atau menjualnya langsung saat jam istirahat atau sebelum masuk sekolah. Selain itu, kamu juga bisa menjual nasi kotak atau nasi bungkus dengan harga yang sesuai untuk pelajar. Ide bisnis bisa kamu pasarkan kepada teman-temanmu yang tidak sempat sarapan di rumah.

Membuka Les Privat

Jika kamu menguasai salah satu mata pelajaran di sekolah, kamu bisa membuka les privat di rumah. Bisnis ini sangat menguntungkan, karena selain kamu bisa mengulang materi pelajaran, kamu juga bisa mengajarkan orang lain, yang tentu saja merupakan hal yang mulia.

Kamu bisa memberikan les privat kepada teman sekelas atau adik kelas pada malam hari atau akhir pekan agar tidak mengganggu waktu belajarmu. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mencoba memberi les privat kepada teman atau tetangga terdekat terlebih dahulu. Setelah itu, informasi mengenai les privat yang kamu berikan akan menyebar dengan cepat dari mulut ke mulut melalui orangtua murid tersebut.

Demikianlah 5 ide bisnis bagi pelajar yang mengutungkan. Selain bisa menambah pemasukan, menjalankan bisnis ini juga dapat membantu mengasah kemampuan berwirausaha. Sehingga nantinya, saat kamu lulus, kamu bisa menjadi pengusaha sukses.

Jangan lupa untuk selalu menjaga keseimbangan antara kegiatan belajar dan berbisnis. Pastikan bahwa bisnis yang kamu jalani tidak mengganggu waktu belajar dan kegiatan akademik lainnya. Dengan demikian, kamu akan menjadi pelajar yang sukses baik di bidang akademik maupun berwirausaha. Selamat mencoba dan semoga sukses!