10 Ide Usaha Bagi Pemula yang Sangat Menjanjikan untuk Dijalankan

Anekajasaku.com, Ide Usaha Bagi Pemula yang Sangat Menjanjikan – Jenis usaha yang menjanjikan dan mudah dijalankan untuk pemula. Memasuki dunia bisnis untuk pemula mirip dengan hutan belantara, memerlukan panduan dan strategi jika ingin memulai bisnis.

Ide Usaha Bagi Pemula yang Menjanjikan

Banyak bisnis yang dapat Anda lakukan, tetapi tentukan bisnis yang tepat bagi Anda yang akan memulai usaha dengan beberapa pertimbangan.

Usaha Franchise

Pertama, mari kita bedakan terlebih dahulu tujuan franchise di sini. Dalam poin pertama ini memiliki arti Anda mengikuti mekanisme franchise produk tertentu dengan mendaftar kepada pemilik usaha, kemudian Anda mendapatkan lisensi untuk menjual produk yang di-franchise tersebut.

Untuk Anda yang berpengalaman, Anda dapat membangun usaha franchise Anda sendiri dan menjual lisensi usaha Anda kepada orang yang tertarik bekerja sama dan menjual ide serta produk dari usaha Anda. Ini adalah referensi usaha pertama dari kami untuk Anda yang pemula.

Keunggulan usaha Franchise antara lain tidak perlu repot memikirkan pengembangan dan manajemen usaha yang rumit. Anda akan mendapatkan panduan dari A-Z mengenai usaha yang akan Anda jalankan. Usaha ini sangat cocok untuk pemula yang baru terjun ke dunia bisnis.

Jualan Pulsa

Jujur saja, pertama kali saya terjun di dunia bisnis adalah menjual pulsa elektrik saat kelas 2 SMP. Usaha yang satu ini benar-benar tidak ada matinya. Bahkan beberapa pemain besar dalam bisnis ini bisa mengantongi keuntungan yang luar biasa.

Tentu jangan dibandingkan dengan anak SMP yang menjalankan bisnis pulsa, paling banter hanya teman-teman dekat dan lingkungan rumah yang membeli. Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda dapat membuka beberapa counter pulsa sekaligus di beberapa lokasi strategis. Misalnya di sekitar pasar atau di sekitar universitas.

Baca Juga :   Sewa Mobil Online: Cara Mudah dan Aman untuk Menyewa Mobil Anda

Menjual Makanan Ringan

Untuk Anda pelaku bisnis pemula, tentu masih bingung usaha apa yang cocok untuk Anda. Nah, salah satu usaha yang cocok untuk pemula adalah menjalankan bisnis makanan ringan. Jika Anda mampu memproduksi makanan ringan, Anda akan diuntungkan.

Namun jika Anda tidak memproduksi sendiri, Anda bisa mengambil dari produsen. Makanan ringan adalah makanan yang disukai banyak orang. Usaha ini tentu laris dan sangat direkomendasikan untuk pemula. Anda bisa mulai menjual makanan ringan sebagai kegiatan sampingan. Atau Anda langsung melakukan produksi dalam skala kecil hingga menengah.

Buat tampilan makanan yang menarik, kemasan yang menarik, dan tentukan harga yang bersaing, serta tentu saja rasa yang enak. Jika Anda tidak memproduksi sendiri, stoklah makanan ringan di dalam rumah dan Anda bisa mulai melakukan pemasaran secara online dan offline ke teman-teman Anda.

Menjadi Dropshipper

Apa itu dropship? Dropship adalah mekanisme menjual barang milik orang lain (produsen) ke konsumen, tanpa Anda mengetahui kondisi barang, barang dikirimkan dari produsen langsung ke konsumen atas nama Anda, Anda berperan sebagai perantara.

Anda dapat mencari supplier yang membuka sistem dropship, atau Anda dapat memanfaatkan marketplace besar seperti Tokopedia dan Bukalapak dalam mencari supplier. Sistem dropship sangat menguntungkan, karena modal yang dikeluarkan hampir tidak ada. Anda hanya memerlukan satu ponsel, akun media sosial untuk promosi atau website.

Usaha Fotokopi

Usaha fotokopi tidak memerlukan keterampilan khusus. Masalah teknis dapat dipelajari dengan cepat. Jika Anda ingin benar-benar fokus pada usaha ini, Anda dapat memulai dengan membuka gerai fotokopi di sekitar kampus atau sekolah.

Misalnya; untuk awalnya, Anda dapat membuka usaha fotokopi di sekitar universitas atau lingkungan sekolah. Anda juga bisa membuka layanan fotokopi di lingkungan perkantoran, seperti kantor pemerintah atau kantor perusahaan.

Baca Juga :   Mengenal Biaya-biaya Tambahan dalam Sewa Mobil dan Cara Menghindarinya

Lakukan inovasi-inovasi agar layanan fotokopi yang Anda miliki berbeda dan disukai. Misalnya dengan memberikan layanan fotokopi gratis dalam periode pembukaan pertama. Jika Anda berhasil membangun usaha fotokopi di satu tempat, Anda dapat membuka di beberapa tempat lain yang prospektif.

Menjual Aksesoris Ponsel

Anda memiliki ponsel? Ponsel tentu memiliki beberapa perlengkapan pendukung, misalnya; casing, pelindung layar, anti air, earphone, dan lain-lain. Sebagian besar orang memiliki ponsel, sehingga usaha menjual aksesoris ponsel merupakan peluang usaha yang prospektif. Karena mudah dan tidak memerlukan keterampilan khusus, usaha aksesoris ponsel cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis.

Usaha Laundry

Saat ini, banyak orang yang tidak memiliki waktu luang untuk mencuci pakaian mereka, terutama di perkotaan. Oleh karena itu, membuka usaha laundry menjadi pilihan yang menarik dan prospektif. Usaha ini cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis karena tidak memerlukan keterampilan khusus dan mudah dijalankan.

Anda bisa mulai dengan membuka usaha laundry kecil-kecilan di rumah, lalu berkembang menjadi usaha yang lebih besar dengan menawarkan berbagai layanan, seperti laundry kiloan, setrika saja, atau bahkan laundry dengan layanan antar-jemput.

Bisnis Kursus dan Les Privat

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang tertentu, seperti bahasa, matematika, atau bidang lainnya, Anda bisa memulai bisnis kursus atau les privat. Anda tidak perlu memiliki tempat khusus untuk memulai usaha ini, cukup memanfaatkan rumah atau bahkan memberikan layanan les privat secara daring.

Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal minim dan waktu yang fleksibel. Anda hanya perlu mempersiapkan materi yang akan diajarkan, melakukan promosi kepada calon siswa, dan mulai mengajar.

Baca Juga :   Tips Memilih Perusahaan Sewa Kendaraan yang Terpercaya

Bisnis Katering

Jika Anda memiliki keterampilan memasak dan ingin menghasilkan penghasilan dari hobi Anda, Anda bisa memulai usaha katering. Anda bisa menawarkan berbagai menu sesuai dengan permintaan pelanggan, mulai dari makanan sehari-hari hingga makanan khusus untuk acara tertentu.

Usaha katering tidak memerlukan tempat khusus dan dapat dimulai dari dapur rumah Anda. Selain itu, Anda dapat mempromosikan usaha katering Anda melalui media sosial, website, atau bahkan mulut ke mulut dari pelanggan yang puas dengan layanan Anda.

Bisnis Online

Dengan perkembangan teknologi, bisnis online menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan untuk pemula. Anda bisa memulai dengan menjual berbagai produk, seperti pakaian, peralatan elektronik, atau bahkan makanan melalui platform marketplace atau media sosial.

Bisnis online tidak memerlukan tempat khusus dan dapat dijalankan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sistem dropship untuk mengurangi modal awal dan mengurangi risiko stok barang yang tidak terjual.

Ingat, dalam memulai bisnis, yang terpenting adalah tekad, ketekunan, dan kemauan untuk terus belajar. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, serta siapkan strategi yang tepat agar usaha Anda bisa berkembang dan sukses. Selamat mencoba!