Malam Nuzul Quran bersama Pemkab Asahan

Asahan, inventori.co.id – Ramadhan bulan yang penuh berkah, di bulan ini lah kita umat islam berlomba lomba mencari dan berbuat kebajikan. Ini terlihat juga di daerah kabupaten Asahan Sumatera Utara. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan mengelar malam peringatan nuzulul quran 1439 H yang dilaksanakan di masjid Agung achmad Bakrie Kisaran.

Wakil Bupati Asahan H Surya BSc saat memberikan sambutan dari Bupati Asahan H Taufan Gama Simatupang MAP. (Sumber hetanews.com)

Dalam sambutannya, Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP yang dibacakan wakil Bupati, Surya Bsc menerangkan bahwa melalui peringatan malam nuzulul quran tersebut masyarakat harus dapat merenungkan dan mengevaluasi seberapa jauh telah mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Al Quran merupakan kumpulan firman Allah sekaligus merupakan peraturan agama Islam. Al Quran diturunkan kepada nabi Muhammad SAW adalah pedoman hidup di dunia menuju kehidupan akhirat.  Sekaligus menjadi petunjuk dan pembeda antara yang salah dan yang benar.

Lebih lanjut Surya menjelaslan, Al Quran merupakan petunjuk bagi manusia, artinya segala permasalahan kehiduapan harus berpedoman kepada Al Quran. Momentum bulan suci ramadan dan diturunkannya Al Quran merupakan kebangkitan yang hakki dan hal ini ditandai dengan bangkitnya ummat Islam, manakala taraf berpikir umat semakin meningkat, bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan hidup tetapi bagimana kebutuhan hidup dapat dipenuhi dengan taqwa

Surya mengungkapkan, “ Peringatan nuzul quran ini merupakan dampak positif dari makna isi dari kandungan Al Quran itu sendiri yang merupakan bagian  yang tidak dapat dipisahkan  untuk kehidupan dunia dan akhirat, Artinya persoalan yang ada harus berpedoman dengan al quran,”ungkap Surya dihadapan jemaah masjid.

Surya berharap malam nuzulul quran ini jangan hanya bersifat seremonial saja, namun hendaknya dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat muslim terhadap alquran dan dapat mengambil hikmah dari kisah-kisah yang diterangkan dalam al quran.

Baca Juga :   Pelanggaran Protokol Kesehatan Marak, Ketua MPR Minta Pemda Bijaksana

Harapannya, kepada masyarakat muslim untuk segera tunaikan zakat dan perbanyak infaq dan sedekah khususnya zakat agar dibayarkan melalui lembaga-lembaga zakat agar penyaluranya lebih tepat dan merata.

Kegiatan nuzul quran dihadiri forum komunikasi pimpinan daerah, Ketua PKK Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama, Ketua BKM Amsjid Agung Kisaran dan sejumlh pejabat teras Pemkab Asahan. Kegiatan dirangkai dengan pemberian tausiah oleh ustadz Astrada Mulia MA

(Minggus)