Sewa Mobil di Era Pandemi: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dan Tindakan Pemulihan

Sewa Mobil di Era Pandemi: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dan Tindakan Pemulihan

Pandemi COVID-19 telah mengubah cara hidup kita, termasuk dalam hal bepergian. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil daripada menggunakan transportasi umum untuk mengurangi risiko penularan virus. Namun, sewa mobil selama pandemi juga memiliki risiko tersendiri. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dan tindakan pemulihan yang dapat dilakukan saat menyewa mobil di era pandemi.

1. Pilih perusahaan rental mobil yang terpercaya

Pilihlah perusahaan rental mobil yang memiliki reputasi yang baik dan sudah lama beroperasi di industri ini. Pastikan juga bahwa perusahaan tersebut memiliki protokol kesehatan yang ketat untuk mengurangi risiko penularan virus. Anda dapat mencari informasi tentang perusahaan tersebut melalui internet atau dari rekomendasi teman atau keluarga.

2. Lakukan reservasi secara online atau melalui telepon

Hindari datang ke kantor rental mobil secara langsung untuk melakukan reservasi. Lakukan reservasi melalui internet atau melalui telepon untuk menghindari kerumunan orang yang berpotensi membawa virus.

3. Pastikan mobil telah dibersihkan dan disterilkan

Sebelum menerima mobil, pastikan bahwa mobil tersebut telah dibersihkan dan disterilkan dengan baik. Permintaan agar mobil dibersihkan dan disterilkan sebelum disewakan agar Anda merasa nyaman dan aman saat berkendara.

4. Hindari kontak fisik dengan pegawai rental mobil

Hindari kontak fisik dengan pegawai rental mobil saat mengambil atau mengembalikan mobil. Gunakan masker dan hindari bersentuhan dengan orang yang tidak dikenal, terutama jika mereka tidak menggunakan masker atau tidak menjaga jarak sosial.

5. Pastikan mobil dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan

Pastikan mobil dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan seperti masker dan hand sanitizer. Anda juga dapat membawa perlengkapan keselamatan Anda sendiri seperti tisu basah dan disinfektan untuk membersihkan tangan atau permukaan mobil.

Baca Juga :   Kenali Jenis Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda Saat Menyewa

6. Batasi jumlah penumpang

Batasi jumlah penumpang dalam mobil untuk mengurangi risiko penularan virus. Hindari membawa penumpang yang sakit atau memiliki gejala flu.

7. Jaga jarak sosial saat berkendara

Jaga jarak sosial dengan penumpang dan pengemudi lain di jalan raya. Hindari berbicara atau bersentuhan dengan penumpang lain selama perjalanan.

8. Gunakan masker selama berkendara

Gunakan masker selama berkendara untuk mengurangi risiko penularan virus melalui udara. Pastikan juga bahwa semua penumpang mengenakan masker.

9. Bersihkan tangan secara teratur

Bersihkan tangan secara teratur dengan hand sanitizer atau cuci tangan dengan sabun dan air selama perjalanan. Hindari menyentuh wajah atau mata Anda setelah menyentuh permukaan mobil atau benda lain di luar mobil.

10. Kembalikan mobil dengan bersih

Setelah selesai menggunakan mobil, pastikan bahwa mobil dikembalikan dalam keadaan yang bersih. Membersihkan mobil dengan tisu basah atau disinfektan sebelum dikembalikan ke rental mobil.

Sewa mobil selama pandemi memang memiliki risiko tersendiri. Namun, dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, Anda dapat mengurangi risiko penularan virus selama perjalanan. Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru tentang pandemi dan mengikuti panduan dari pihak berwenang untuk memastikan keselamatan dan kesehatan Anda serta orang lain.