Mengungkap Keindahan Tempat Wisata di Jember yang Tak Boleh Dilewatkan

Anekajasaku.com – Jember, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, memiliki pesona wisata alam yang tak kalah menarik dibandingkan daerah lainnya di Indonesia. Tempat wisata di Jember menawarkan keindahan alam yang memesona dengan berbagai pilihan objek wisata yang cocok untuk mengisi waktu luang bersama keluarga maupun teman-teman.

Tempat Wisata di Jember

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Jember yang wajib Anda kunjungi untuk menikmati keindahan alam dan menciptakan kenangan tak terlupakan.

Baca juga : Keindahan Wisata Alam di Indonesia: Surga Tersembunyi di Nusantara

Pantai Papuma

Pantai Papuma merupakan salah satu tempat wisata di Jember yang terkenal karena keindahan pantainya. Tempat wisata di Jember ini menawarkan pemandangan indah berupa hamparan pasir putih yang luas dan deburan ombak yang menenangkan.

Pantai Papuma juga dikenal dengan batu karangnya yang eksotis, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di sini, seperti berenang, berjemur, atau sekadar berjalan-jalan menikmati pemandangan.

Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar merupakan destinasi wisata di Jember yang menawarkan suasana alam yang sejuk dan segar. Terletak di Desa Panti, Kecamatan Jenggawah, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan dua aliran air terjun yang berdampingan. Anda bisa menikmati pemandangan indah air terjun ini sambil berfoto ria atau berenang di kolam alami yang ada di bawah air terjun.

Gunung Argopuro

Bagi Anda yang gemar mendaki gunung, Gunung Argopuro merupakan pilihan yang tepat. Gunung ini adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 3.088 meter di atas permukaan laut.

Gunung Argopuro menawarkan pemandangan alam yang spektakuler, seperti hamparan savana, hutan pinus, dan hutan tropis yang menjadi habitat berbagai satwa liar. Selain itu, Anda juga bisa menemukan sumber air panas dan peninggalan sejarah berupa situs-situs purbakala di sepanjang jalur pendakian.

Baca Juga :   12 Keindahan Wisata Alam di Indonesia: Surga Tersembunyi di Nusantara

Taman Botani Sukorambi

Taman Botani Sukorambi merupakan tempat wisata di Jember yang cocok untuk wisata keluarga. Tempat wisata di Jember ini menawarkan keindahan flora dan fauna yang beragam, serta fasilitas pendidikan dan penelitian yang lengkap.

Anda bisa menjelajahi taman ini sambil belajar tentang berbagai jenis tanaman, seperti pohon langka dan bunga anggrek. Selain itu, taman ini juga menyediakan area bermain untuk anak-anak dan zona kuliner yang menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman.

Pantai Payangan

Pantai Payangan merupakan destinasi wisata di Jember yang menawarkan pemandangan pantai yang indah dan eksotis. Tempat wisata di Jember ini terkenal dengan tebing-tebing batu yang menjulang tinggi dan menjadi latar belakang yang memukau saat matahari terbenam.

Pantai Payangan juga memiliki hamparan pasir putih yang lembut, cocok untuk bersantai atau bermain pasir bersama keluarga. Selain itu, Anda bisa menyaksikan para nelayan lokal yang tengah beraktivitas. Mencicipi kuliner khas Jember di warung-warung yang ada di sepanjang pantai.

Baca juga : Eksplorasi Keindahan Wisata Alam di Jawa Timur

Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir adalah salah satu tempat wisata di Jember yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di Desa Glagahwero, Kecamatan Sumberjambe, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dengan air yang jernih dan segar.

Air Terjun Jagir dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, menjadikannya tempat yang cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam. Anda bisa berenang di kolam alami yang ada di bawah air terjun atau berfoto ria dengan latar belakang air terjun yang indah.

Bukit Jamur

Bukit Jamur merupakan tempat wisata di Jember yang menawarkan pemandangan yang unik dan menarik. Terletak di Desa Ledokombo, Kecamatan Sumberjambe, bukit ini terkenal dengan formasi batu kapur yang menyerupai jamur, sehingga disebut Bukit Jamur. Di sini, Anda bisa berjalan-jalan di antara formasi batu kapur yang eksotis, atau menikmati pemandangan matahari terbenam yang romantis.

Baca Juga :   7 Destinasi Wisata Alam di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Teluk Cinta

Teluk Cinta adalah tempat wisata di Jember yang menawarkan keindahan pantai dengan suasana romantis. Bernamakan Teluk Cinta karena bentuk pantainya yang menyerupai simbol cinta, pantai ini menjadi tempat yang cocok untuk menikmati waktu berdua bersama pasangan.

Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai, berfoto dengan latar belakang pantai yang indah. Menikmati kuliner khas Jember di warung-warung yang ada di sekitar pantai.

Kawah Wurung

Kawah Wurung merupakan destinasi wisata alam di Jember yang menawarkan pemandangan kawah yang eksotis dan memukau. Terletak di Kecamatan Sempol, Bondowoso, kawah ini memiliki pemandangan indah berupa bukit-bukit yang mengelilingi kawah dengan latar belakang Gunung Raung dan Ijen.

Di sini, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kawah, berfoto dengan latar belakang kawah yang menawan, atau mendaki bukit-bukit yang ada di sekitar kawah.

Air Terjun Sumber Kalitaman

Air Terjun Sumber Kalitaman merupakan salah satu tempat wisata di Jember yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di Desa Kalisat, Kecamatan Jampit, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan air yang jernih dan segar.

Air Terjun Sumber Kalitaman dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Hal ini menjadikannya tempat yang cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam. Anda bisa berenang di kolam alami yang ada di bawah air terjun atau berfoto ria dengan latar belakang air terjun yang indah.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jember yang bisa Anda jelajahi saat berkunjung ke kabupaten ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam agar tempat-tempat wisata ini tetap terjaga keindahannya untuk dinikmati oleh generasi mendatang. Selamat menikmati keindahan alam Jember!