7 Destinasi Wisata Alam di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Anekajasaku.com, Wisata Alam di Pasuruan – Beragam tempat rekreasi di Pasuruan menawarkan kesan unik dan Instagramable. Mulai dari wisata pantai, air terjun, cagar budaya, monumen, taman bermain air, hingga rekreasi keluarga di malam hari. Pasuruan terkenal sebagai wilayah industri, pertanian, dan tujuan wisata.

Wisata Alam di Pasuruan

Gunung Bromo di Pegunungan Tengger merupakan daya tarik khusus di Kabupaten Pasuruan. Sementara, daerah timur Pasuruan masuk ke dalam wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Berikut ini adalah tujuh destinasi wisata alam di Pasuruan yang patut kalian datangi:

Baca juga: Wisata Alam di Indonesia: Surga Tersembunyi di Nusantara

Kebun Raya Purwodadi

Dibangun sejak 1941, Kebun Raya Purwodadi menjadi wisata alam di Pasuruan yang menawarkan berbagai tema taman dengan jenis tanaman yang bervariasi. Beberapa area khusus dijadikan tempat piknik, seperti Taman Bougenville yang menjadi favorit pengunjung.

Di sini, bunga-bunga Bougenville yang berwarna merah, merah muda, dan oranye sangat mencolok di antara hijau daun. Koleksi kaktus khas Meksiko juga menjadi daya tarik di Taman Meksiko.

Danau Ranu Grati

Berada di tengah pemukiman penduduk, Danau Ranu Grati memiliki luas sekitar 1.085 hektar. Merupakan wisata alam di Pasuruan berupa danau alami yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik, danau ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Pengunjung bisa menikmati suasana sore yang tenang sambil menunggu ikan yang terjaring di joran.

Wisata Tretes Prigen

Terletak di kaki dan lereng Pegunungan Arjuno-Welirang, Tretes dikenal sebagai tempat rekreasi yang populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa destinasi wisata terkenal di Tretes meliputi Air Terjun Kakek Bodo, Finna Golf, dan Taman Safari Indonesia 2.

Baca juga: Keindahan Wisata Alam di Jawa Timur, Tempat Mengagumkan yang Wajib Dikunjungi

Hutan Mangrove Nguling

Berkat inisiatif Pak Mukarim yang menanam pohon bakau di sepanjang pantai pada tahun 1982, kini Hutan Mangrove Nguling menjadi destinasi wisata alam di Pasuruan yang indah dan menjadi contoh hutan mangrove di seluruh Indonesia. Terdapat 123 jenis tanaman bakau dan 14 spesies fauna yang dapat ditemukan di sini.

Baca Juga :   Eksplorasi Keindahan Wisata Alam di Jawa Timur, Tempat Mengagumkan yang Wajib Dikunjungi

The Pines Taman Dayu

Wisata alam di Pasuruan berikutnya adalah the pines taman dayu. Rumah Pohon The Pines Taman Dayu di Pandaan menawarkan pengalaman unik menginap di rumah pohon yang berdiri di atas pohon pinus. Pengunjung tak perlu khawatir tentang keamanan karena rumah pohon ini berdiri pada pohon pinus tua yang kuat.

Saygon Waterpark

Dengan fasilitas seperti kolam arus, kolam ombak, dan water slide, Saygon Waterpark merupakan tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan. Pengunjung bahkan dapat menemukan replika Pesawat Boeing 737 seri 400 di taman air ini.

Selain itu, berbagai permainan air menarik lainnya juga tersedia, seperti water slide berbagai jenis dan kolam ombak buatan yang aman untuk dinikmati bersama keluarga.

Bromo Forest Area

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam dengan suasana pegunungan dan cuaca sejuk, Bromo Forest Area bisa menjadi pilihan. Terletak di lereng Gunung Bromo, area ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Spot rekreasi modern di kawasan ini cocok untuk aktivitas outdoor, seperti outing dan sebagainya. Fasilitas yang disediakan meliputi Pinus Swing, Air Bike, Sky Bridge, dan Air Balloon khusus untuk pecinta selfie.

Demikianlah tujuh destinasi wisata alam di Pasuruan yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan atau akhir pekan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berlibur!